Presiden Jokowi Sebut Jam Terbang Jenderal Agus Subiyanto Memenuhi Jadi Panglima TNI

Spread the love

GANTARITV.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan mengusulkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Dia menyebut jam terbang sang jenderal telah memenuhi.

“Sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu. Ya, pertama kan beliau juga wakil KSAD, kemudian menjadi KSAD. Jadi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, kemudian di administratif, akademis semuanya memenuhi semuanya,” kata Jokowi kepada wartawan di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Terkait pengganti Agus sebagai KSAD, Jokowi meminta seluruh pihak bersabar. Dirinya akan menunggu persetujuan DPR mengenai pencalonan Panglima TNI terlebih dahulu.

“Ya belum. Satu-satu. Ini kan memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dulu. Baru setelah ada persetujuan, baru kita berpikir KASAD yang baru,” kata Jokowi.

Sebagaimana diberitakan, Ketua DPR Puan Maharani telah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait usulan calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono. Hal itu disampaikan Puan usai sidang parpurna ke-8 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, Selasa (31/10/2023).

“Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD,” kata Puan saat jumpa pers di Gedung Nusantara III DPR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *