Perusahaan Makanan Ringan IPO, Segini Harga Saham yang Ditawarkan

GANTARITV.IDPT Maxindo Karya Anugerah Tbk akan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan menawarkan sebanyak 1 miliar saham. Jumlah itu setara 10,41 persen dari total modal disetor dan ditempatkan.

Rinciannya, sebanyak 450 juta saham merupakan saham biasa atas nama yang seluruhnya terdiri dari saham baru dan dikeluarkan dari portepel perseroan. Sementara, 550 juta saham lainnya merupakan saham biasa atas nama milik KNP sebagai pemegang saham penjual atau saham divestasi.

Melansir prospektus perusahaan, Maxindo menetapkan harga penawaran awal sebesar Rp100-Rp110 per saham. Dengan harga tersebut, perusahaan yang bergerak di bidang logistik ini mengincar dana segar Rp100 miliar hingga Rp110 miliar.

Selain itu, perseroan juga akan menerbitkan sebanyak 1 miliar Waran Seri I atau 10,92 perseroan dari total jumlah saham ditempatkan atau disetor penuh. Waran Seri I ini dapat dilaksanakan enam bulan sejak diterbitkan, hingga 18 bulan berikutnya, mulai 11 Desember 2023 hingga 10 Juni 2025 dengan harga pelaksanaan Rp100.

Seluruh dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) akan digunakan untuk modal kerja perseroan. Adapun, modal kerja yang dimaksud adalah untuk pembelian bahan baku, baik bahan baku langsung maupun bahan baku pembantu, upah tenaga kerja, biaya penjualan dan pemasaran, biaya perawatan dan utilitas serta biaya untuk keperluan kantor.

Maxindo Karya Anugerah atau Maxindo merupakan produsen makanan ringan yang berbasis di Indonesia, yang bergerak di bidang makanan ringan berbahan dasar akar tropis.

Maxindo pertama kali hadir di Indonesia pada 1977, dan memulai sebagai perusahaan bisnis rumahan di Wilayah Bogor, Jawa Barat. Maxindo sebelumnya fokus memproduksi kerupuk singkong mentah dengan menggunakan resep bahan rahasia saat pertama kali didirikan. Dengan perkembangan teknologi yang inovatif didukung dengan permintaan pasar yang kuat, perusahaan pada 2006 berinovasi dan mulai memproduksi lini produk keripik goreng.

Maxindo Karya Anugerah dijadwalkan melantai di BEI dengan kode MAXI pada 12 Juni 2023 mendatang. Perseroan saat ini telah memulai masa penawaran awal atau bookbuilding hingga 24 Mei 2023.

Sementara, tanggal efektif diperkirakan akan didapat pada 31 Mei 2023. Adapun masa penawaran umum digelar pada 6 hingga 8 Juni 2023.

Sedangkan tanggal penjatahan dan distribusi secara elektronik akan berlangsung pada 8 dan 9 Juni 2023. Perseroan menunjuk PT Shinhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *