Mengenal Arti Dejavu, Ternyata Ada Hubungannya dengan Memori

GANTARITV.IDInilah arti dejavu yang pernah dialami sebagian orang. Kata dejavu sendiri sudah tak asing lagi di telinga banyak orang.

Diperkirakan, 97 persen orang pernah mengalami dejavu setidaknya sekali dalam hidup mereka. Hal tersebut berdasarkan Cleveland Clinic.

Namun, tentu masih ada yang mempertanyakan apa itu arti dejavu. Apakah Anda salah satunya? Bila iya, berikut informasi selengkapnya, seperti dirangkum pada Selasa (2/5/2023).

Arti dejavu

Dejavu sendiri merupakan perasaan di mana Anda pernah melakukan atau mengalami suatu kejadian yang tidak asing alias sama sebelumnya. Padahal sebenarnya, Anda belum pernah mengalami hal tersebut.

Kata dejavu sendiri berasal bahasa Prancis. Arti kata ini yakni sudah pernah melihat atau sudah pernah merasa.

“Otak Anda menciptakan sensasi seolah-olah Anda pernah mengalami situasi tertentu sebelumnya, tetapi Anda tidak dapat mengambilnya kembali dari ingatan Anda dan tidak dapat mengidentifikasi situasi yang sebenarnya,” demikian penjelasan Ahli saraf dr Jean Khoury, dilansir dari situs Cleveland Clinic.

Adapun, dejavu merupakan istilah yang dibuat oleh seorang psikolog bernama Emile Boirac pada tahun 1876. Dr Khoury mengatakan, dejavu diduga terjadi bila ada sedikit miskomunikasi antara dua bagian otak Anda.

Sebagaimana diketahui, manusia memiliki dua lobus temporal, satu di setiap sisi kepala, tepat di atas pelipis. Dua lobus temporal itu memainkan peran penting dalam mengingat sesuatu atau memori.

Jadi, kadangkala, bila dalam kondisi tertentu, Anda dapat mengalami kondisi dejavu. Biasanya, fenomena dejavu berlangsung sekitar 10 hingga 30 detik dan bisa dijelaskan secara logika. 

“Dejavu adalah fenomena langka pada orang sehat, biasanya terjadi beberapa kali dalam setahun,” kata Dr Khoury. “Namun, jika menjadi lebih sering atau dikaitkan dengan gejala lain, penting untuk mengatasinya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *