Jenderal (Purn) Andika Perkasa Menerima Penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura

GANTARITV.ID Jakarta — Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menerima penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura Halimah Yacob di Istana Singapura, Rabu (10/5).

Penghargaan tertinggi militer itu diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Andika yang signifikan dalam meningkatkan kerja sama pertahanan antara RI dan Singapura.

“Dengan bangga menganugerahkan penghargaan tertinggi militer kepada mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa pada upacara di Istana hari ini. Ia telah memainkan peran yang sangat penting dalam mempererat hubungan antara TNI dan pasukan militer Singapura,” ujar Presiden Singapura Halimah Yacob dalam keterangan tertulis, Kamis (11/5/2023).

Sebelum pelantikan, Andika sempat menginspeksi pasukan kehormatan dan memanggil Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen dan Kepala Angkatan Pertahanan Laksamana Muda Aaron Beng di Ministry of Defence (Mindef) Singapura.

“Selama panggilan, kedua belah pihak menegaskan kembali hubungan pertahanan bilateral yang erat dan lama dan menyatakan komitmen untuk memperdalam kerja sama pertahanan bilateral,” imbuh Halimah.

Halimah mengungkapkan Andika berkontribusi besar dalam memperdalam kerja sama serta menjalin hubungan yang lebih kuat antar personil kedua militer melalui bilateral reguler. Berbagai latihan bersama pun digelar, antara lain Latihan Safkar Indopura dan Latihan Bersama Minex Pandu, serta Latihan Super Garuda Shield 2022 perdana yang menampilkan militer dari 14 negara berbeda berlatih bersama di Indonesia.

Halimah menambahkan Andika juga mendukung kembalinya penyelenggaraan patroli terkoordinasi antara angkatan laut RI dan Singapura. Andika juga mendorong kolaborasi antara Angkatan Bersenjata Singapura dan militer Indonesia di platform multilateral, termasuk Information Fusion Center dan Counter-Terrorism Information Facility, serta berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas kawasan.(Dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *