IHSG Besok Masih Dipengaruhi Sentimen Global, Ini 4 Saham Pilihan

GANTARITV.IDIndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan besok, Selasa (30/5/2023), masih dipengaruhi sentimen global sehingga diperkirakan akan tetap melemah. 

Technical Analyst MNC Sekuritas, T Herditya Wicaksana, mengatakan pengaruh sentimen global terlihat dari pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini, Senin (29/5/2023). IHSG hari ini lebih dominan bergerak di zona merah atau anomali dibandingkan beberapa bursa Asia dan global mengalami penguatan. 

Hal tersebut, lanjuytnya, disinyalir terdampak atas plafon utang Amerika Serikat (AS) meskipun sifatnya masih sementara. Pergerakan IHSG saat ini sudah menembus level supportnya yang pihaknya perkirakan di area 6.656.

“Koreksi dari IHSG ini juga ditengah penguatan bursa global dan Asia yang bergerak menguat di tengah adanya sentimen kemajuan terkait pembahasan plafon utang dimana pemerintahan AS sendiri sepakat untuk meningkatkan batas utang menjadi sebesar USD31,4 triliun selama dua tahun,” kata analis yang akrab disapa Didi itu, dalam IDX 2nd Session Closing Market, Senin (29/5/2023).

MNC Sekuritas juga melihat indeks Nasdaq terdorong dari penguatan emiten-emiten teknologi terkait dengan AI atau kecerdasan buatan. Namun demikian, lanjut Didi, di Indonesia sendiri masih tertekan oleh pergerakan dari emiten-emiten IDX Energy.

“Kalau kita lihat meskipun kemarin harga minyak mentah itu melonjak atau naik, namun kita cermati dari harga komoditas batu bara global masih terkoreksi yang diperkirakan menuju level USD136-USD138,” kata dia.

Tentu saja hal tersebut berpengaruh ke emiten-emiten energi yang tergabung dalam IDX Energy yang berada di IHSG sendiri.

Adapun hari perdagangan di bulan Mei 2023 sisa tiga hari, dimana di tanggal 1-2 Juni besok sudah menjadi libur panjang akhir pekan.

“Ini sedikit banyak juga mempengaruhi untuk perdagangan sendiri, namun demikian tidak menutup kemungkinan nanti ada rebalancing di akhir bulan untuk para manajer investasi,” ungkap Didi.

Namun, MNC Sekuritas merasa hal tersebut tidak mempengaruhi secara besar, hanya saja masih ada kecenderungan IHSG untuk koreksi kembali paling tidak menuju level 6.590-6.610 terlebih dahulu.

Berikut ini 4 saham pilihan yang direkomendasi MNC Sekuritas untuk perdagangan Selasa (30/5/2023):
– BIRD 1755
– 1835 BOW
– INKP 7000
– 7450 BOW
– ISAT 7600
– 8150 BOW
– ASSA 1065
– 1200 Spec BUY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *