Tak Banyak yang Tahu, Blue Bird Ternyata Punya Karoseri Sendiri Begini Kiprahnya

GANTARITV.IDNama karoseri Restu Ibu Pusaka identik dengan bus-bus Big Bird. Berbagai bodi bus buatan mereka seperti Arctic, Altano, Galayx Coach,  hingga Luxo Buss identik dengan bus-bus Big Bird dari berbagai ukuran.

Nyatanya karoseri Restu Ibu Pusaka memang memiliki trah khusus dengan perusahaan induk Big Bird yaitu Blue Bird. Semuanya bermula ketika pendiri Big Bird Hj Siti Fatimah Djokosoetono melihat bisnis penyewaan bus berkembang dengan pesat di awal 1980-an.

Dia kemudian berinisiatif mendirikan anak perusahaan yang fokus pada pembuatan karoseri bus. Jadi Big Bird tidak perlu kerepotan mencari perusahaan karoseri lain untuk mendandani bus-bus kesayangan mereka. Semuanya bisa dilakukan dengan cepat lewat tangan-tangan ajaib di Restu Ibu Pusaka.

Hanya saja semuanya tidak langsung berjalan dengan sekejap karena memang mereka memulai bisnis karoseri dari nol. Mereka kemudian mencoba mempelajari bisnis karoseri dengan mebuat bodi untuk van dan mobil ambulans.

Tahun 1993 hingga 1995, ilmu Restu Ibu Pusaka bertambah lagi setelah mereka diajak bekerja sama dengan Ziegler Indonesia membuat mobil pemadam kebakaran.

Dari situlah mereka mulai memahami konstruksi pembuatan kendaran berukuran lebih besar.Kemampuan para tenaga ahli Restu Ibu Pusaka kemudian terdongkrak tinggi. Perlahan-lahan mereka kemudian berani membuat bodi bus sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *