Pj Bupati Bekasi Resmikan Pos Pelayanan Adminduk Marrakash Square Babelan

Spread the love

GANTARITV.ID BABELAN – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meresmikan Pos Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, di Marrakash Square Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, pada Kamis (12/10/2023). 

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan peresmian secara simbolis pos pelayanan adminduk Sentra Grosir Cikarang (SGC) Kecamatan Cikarang Utara, BTC Mall Kota Bekasi, Pasar Central Lippo Cikarang Kecamatan Cikarang Selatan dengan berbagai jenis pelayanan gratis tanpa dipungut biaya. 

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, Pos Pelayanan Adminduk Marrakash Square ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemkab Bekasi dengan perusahaan swasta untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

“Fasilitas ini disiapkan dari hasil gotong-royong masyarakat dan perusahaan swasta dimana dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi hanya perlatan dan petugas operatornya saja, karena ini dekat dengan masyarakat yang jauh dari pelayanan yang ada di kecamatan maupun ke Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi,” ujarnya. 

Dani Ramdan menjelaskan, untuk pelayanan yang ada pada Pos Pelayanan Adminduk Marrakash Square semua bisa terlayani dengan mengurus berbagai dokumen kependudukan yang masyarakat butuhkan dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

“Apabila masyarakat dokumennya sudah siap, satu hari langsung jadi dan untuk pencetakan E-KTP tergantung dari ketersediaan blangkonya, karena blangko E-KTP itu dikirim langsung dari pemerintah pusat,” ujarnya. 

Selain di Pos Pelayanan Adminduk Marrakash Square, Dani menambahkan, bagi masyarakat Kecamatan Babelan yang mau mengurus dokumen kependudukan bisa langsung datang ke kantor kecamatan atau bisa juga melalui aplikasi website SITEPAK. 

“Jadi masyarakat bisa memilih apabila dekat dengan kantor kecamatan bisa langsung datang ke Kecamatan Babelan dan lebih dekat dengan Pos Pelayanan Adminduk Marrakash Square bisa langsung datang,” katanya

Dirinya berharap Pos Layanan Adminduk bisa hadir di beberapa kelurahan maupun desa lainnya yang ada di kecamatan sebagai bagian dari upaya mempercepat proses administrasi kepada masyarakat. 

“Saya mengimbau seluruh Camat, Kepala Desa, Lurah agar bisa meniru pada Pos Pelayanan Adminduk yang disesuaikan dengan kemampuan kita supaya pelayanan semakin dekat dengan masyarakat,” tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Carwinda mengatakan, pelayanan ini merupakan bagian dari program Siap Melayani Mudah Prosesnya (Simpro) yang dimana layanan Adminduk dibuka dari Senin sampai Jumat termasuk Sabtu dan Minggu, masyarakat bisa mengurus dokumen kependudukan. 

“Untuk di Pos Pelayanan Adminduk Marrakash Square hari Senin hingga Jumat dari jam 08.00 – 15.00 WIB, bahkan Sabtu dan Minggu kita tetap buka,” ucapnya. 

Pos Pelayanan Adminduk Marrakash Square melayani 9 jenis permohonan meliputi Kartu Keluarga (KK), perekaman dan pencetakan KTP elektronik, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan Pindah (SKPWNI), Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akta Perceraian dan Indentitas Kependudukan Digital (IKD). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *