Bakamla RI Ikuti Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) ke-12 di Sydney

GANTARITV.ID AUSTRALIA — Kepala Zona Bakamla Timur Laksma Bakamla Agam Endrasmoro dan Analis Kebijakan Ahli Madya Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) ke 12 tahun 2023 di Sydney, Australia, Kamis (19/10/2023).

Sesi pembukaan latihan yang diikuti oleh 22 negara ini dipimpin oleh Wakil Komandan Australian Border Force (ABF), Timothy F., dan dilanjutkan dengan sambutan dari Laksma Bakamla Agam Endrasmoro. Pada sambutannya, beliau menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi tantangan keamanan maritim.

Pada kesempatan ini, Bakamla RI yang diwakili oleh Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., turut memberikan paparan mengenai Upaya dalam Meningkatkan Keamanan Maritim di Indonesia dan kawasan perairan sekitarnya. Dalam paparannya, beliau menjelaskan mengenai isu-isu keamanan laut Indonesia dan kawasan sekitarnya seperti perdagangan narkoba, penangkapan ikan secara illegal, penyelundupan, perampokan di laut, perdagangan manusia, sengketa perbatasan, dan polusi laut. Lebih lanjut, Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, juga memberikan penjelasan mengenai upaya Indonesia, khususnya Bakamla RI dalam menangani isu-isu keamanan laut tersebut.

Pada pelatihan ini, Letnan Kolonel Marthin Wray dari MBC, Lester Yong Jia Rong dari IFC Singapura, dan Fasilitator Pelatihan juga turut memberikan paparan.

Kegiatan ini diakhiri dengan acara makan malam yang berlangsung di Sydney Museum, dihadiri oleh seluruh peserta dan penyelenggara. Ini merupakan momentum penting untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi dalam menjaga keamanan maritim di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *