ARB 15 Persen Diberlakukan, IHSG Hari Ini Berpeluang Naik

GANTARITV.IDIndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Senin (5/6/2023), berpeluang naik dan bergerak mixed di kisaran 6.618–6.754. Hal itu, terutama dipicu pemberlakuan Auto Rejection Bawah (ARB) 15 persen mulai hari ini.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, sebelumnya pergerakan IHSG dengan efek rebalancing, itulah kondisi perdagangan pada akhir bulan Mei 2023. Rebalancing yang terjadi adalah rebalancing indeks MSCI.

“Dimana salah satu saham yang sangat disambut dari indeks ini adalah GOTO, terlihat harga saham GOTO menguat hingga auto rejection atas (ARA),” tulis William dalam analisisnya, Senin (5/6/2023).

Menurut William, hasil akhirnya, IHSG menjadi hanya melemah tipis, dan secara teknikal membentuk pola yang menarik perhatian yakni long legged hammer.

“Sentimen eksternal, berakhirnya kekhawatiran debt ceiling Amerika berhasil membuat indeks Dow Jones menguat signifikan,” kata William.

Adapun dari kondisi ini mendatangkan optimisme pelaku pasar dan memungkinkan penguatan untuk IHSG. Di saat bersamaan, terjadi net buy asing selama sepekan terakhir.

“Menurut kami, sentimen eksternal ini turut mengakhiri aksi wait and see pada pelaku pasar dalam negeri,” ungkap William.

Hanya saja, lanjut William, dengan menguatnya saham GOTO pada perdagangan kemarin, ada kemungkinan perhatian pelaku pasar tertumpu pada saham ini.

“Hari ini adalah hari pertama perdagangan saham dengan batasan auto rejection bawah (ARB) 15 persen, pergerakan harga saham akan lebih aktif dan volatilitas akan lebih tinggi,” ujar William.

Untuk sentimen internal, faktor teknikal IHSG membentuk pola hammer di atas support trend line. Pola ini memang terbentuk karena dorongan saham GOTO yang mengalami kenaikan sampai auto rejection atas namun secara bobot saham, telah berhasil mengamankan IHSG dari downtrend. Sedangkan sentimen eksternal, dipicu berakhirnya kekhawatiran debt ceiling Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah sebesar -3.16 poin (-0.05%) menuju 6633,26 pada perdagangan hari Rabu 31 Mei 2023.

Sebanyak 152 saham menguat, 419 saham menurun, dan 171 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin.

Nilai transaksi mencapai Rp33.913 (all market). Nilai transaksi mengalami peningkatan dibanding nilai transaksi sebelumnya. Ada rebalancing indeks MSCI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *