Kunjungi Deliserdang, Ganjar Serahkan Bantuan Gamelan Seniman Jawa di Sumatera Utara

GANTARITV.ID, MEDAN – Bacapres Partai Perindo Ganjar Pranowo mengunjungi Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Ganjar bersilaturahmi dengan sejumlah elemen masyarakat. Salah satunya adalah para seniman kuda kepang, barongan, reog dan seniman Jawa lainnya yang ada di Sumatera Utara.

Kedatangan Ganjar disambut meriah. Sebanyak 50 grup seniman Jawa berkumpul di Lapangan Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang. Mereka menampilkan tari kolosal kuda kepang, barongan dan reog.

Saat hendak meninggalkan lokasi, Ganjar menyerahkan bantuan seperangkat alat gamelan yang terbuat dari perunggu. Bantuan itu diterima secara simbolis oleh tiga pemimpin sanggar yang ada di sana.

“Semoga ini bermanfaat untuk pelestarian budaya kita. Tetap berlatih dan jangan pernah lelah melestarikan budaya. Kita wujudkan semangat Bung Karno, menjadikan bangsa ini memiliki kepribadian dalam kebudayaan,” ucap Ganjar saat menyerahkan bantuan itu, Jumat (10/11/2023).

Tepuk tangan riuh dari ribuan masyarakat langsung bergema. Mereka sangat senang memiliki pemimpin yang peduli pada kebudayaan tradisional di Indonesia.

“Kami dari paguyuban kesenian Sumatera Utara sangat senang dan bangga sekali mendapat bantuan alat gamelan dari pak Ganjar. Ini bukti kalau pak Ganjar memang cinta pada budaya nusantara,” ucap Paryono, pemilik sanggar seni Melati Putih.

Paryono mengatakan, selama ini belum pernah ada pemimpin yang datang untuk memberikan bantuan. Padahal, bantuan sangat dibutuhkan bagi para pelestari seni untuk menguri-uri kebudayaan tradisional.

“Baru pak Ganjar yang datang dan memberikan bantuan. Tentu kami sangat senang. Harapannya pak Ganjar menang, jadi presiden, agar kebudayaan tradisional Indonesia semakin maju,” timpal Budi Gimbal, pemilik sanggar Panca Karya Budaya.

Kepedulian Ganjar pada budaya tradisional memang telah dibuktikan selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah. Sebanyak 230 desa di Jateng mendapat bantuan seperangkat gamelan perunggu dari Ganjar untuk melestarikan kebudayaan tradisional di desanya masing-masing.

Selain gamelan, Ganjar juga memberikan bantuan lain dalam rangka pelesrarian seni budaya. Ada bantuan alat, hingga bantuan anggaran yang cukup besar. Tak hanya di Jawa Tengah, Ganjar juga pernah memberikan bantuan seperangkat alat gamelan untuk para seniman Jawa di Bengkulu.

Kali ini, giliran seniman Sumatera Utara yang mendapat bantuan gamelan dari Ganjar dan disambut dengan suka cita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *